ISLAM AGAMA KESEHATAN

ISLAM AGAMA KESEHATAN

Jumat, 18 Juni 2010

RAHASIA ILMUAN YANG MAJU

Jika ada pertanyaan, berapa persenkan dosen di Perguruan Tinggi bisa mempengaruhi wawasan ilmiah Anda? Mungkin secara ilmiah yang bersifat logis dan empirik agak susah dijawab. Tetapi secara kualitatif bisa dijawab pengaruhnya sedikit. Jika kita coba mengkuantifikasinya, jangan-jangan hanya 10 persen atau 5 persen, apalagi di zaman teknologi dan infomasi ini dimana Google lebih banyak bertindak sebagai "dosen".

"al-'Ilmu fi Google" (ilmu itu ada di google) barangkali ada benarnya, walalupun dalam artikel ilmiah dan buku, google tidak bisa diandalkan secara otoritatif. Tapi dengan bantuan ebook (electronic book), maka tidak jarang para penulis terbantantu secara signifikan.

Untuk itu, Anaminkum Learning Club sebagai organisasi ilmiah, sangat tepat untuk Anda pilih untuk mewarnai wawasan ilmiah. Kami mengharapkan dan berusaha agar, Anaminkum Learning Club (ALC) ini akan bisa mempengaruhi wawasan ilmiah Anda secara signifikan karena organisasi ini dikelolah oleh orang yang berpengalaman dalam bidang keilmuan dan organisasi.

Anda boleh bersikap skeptis, layaknya para filosof, tetapi Anda seharusnya beleh menelitinya untuk dapat meyakinkan, bahwa ALC salah satu sarana yang signifikan untuk mempersiapkan calon sarjana yang bertanggungjawab atas keilmuannya.

Pada zaman ini, di negara yang terpaksa harus kita cintai ini, etika ilmiah sering kali dilanggar bukan saja oleh mahasiswa, tetapi termasuk para dosen, dan bahkan yang bergelar profesor. ironis bukan, tapi itulah kenyataannya. "Sarjana Monyet" versi iklan Kementerian Pendidikan Nasional tidak jarang digunakan oleh orang untuk kepentingan birokrasi dan juga gengsi dengan membeli ijazah yang siap jadi. "Sarjana Setengah Monyet" bisa jadi mereka yang kuliah datang satu kali dalam satu semester, sekedar membayar adm dan admnistrasi ujian akhir semester secara fiktif. Empat tahun mengunjungi kampusa, cukup delapan kali. Setelah itu, ya.. sidang dan sarjana dengan garansi tidak ada hambatan dan pasti lulus karena uang yang mengatur. Tentu masuk banyak lagi pelanggaran etika akademis yang dilakukan oleh perguruan tinggi yang konsumennya calon sarjana yang butuh ijazah. Untuk memperkecil sarjana "asal sarjana" itulah ALC dinilai penting kehadirannya.

Di antara rahasia kunci sukses para ilmuan adalah:
1. Rajin membaca
2. Rajin menulis
3. Rajin berpikir
4. Rajin bertanya
5. Rajin berkreasi dan tidak takut salah


Sehat Sultoni Dalimuthe, M.A. (Pembina ALC)

1 komentar:

  1. Selamat atas kehadiran ALC, semoga sampai menemukan cita-citanya (dream)

    BalasHapus