ISLAM AGAMA KESEHATAN

ISLAM AGAMA KESEHATAN

Rabu, 14 Juli 2010

TIGA AMALAN BAIK

Bismillahirrahmanirrahim.....
Bumi yang kita tempati adalah planet yang selalu berputar, ada siang dan ada malam. roda kehidupan manusia juga tidak pernah berhenti kadangnaik kadangturun, ada suka ada duka.ada senyum ada tangis, kadang kala dipuji tapi pada satu saat kita dicaci..jangan harap ada keabadian dalamperjalann hidup. oleh sebab itu agar kita tidak terombang ambing dan tetap tegar dalam menghadapi segala tantangan hidup kita harus memiliki pegangan dan amalan dalam hidup.tiga amalan baik tersebut adalah : Istiqamah,Istikharah, dan Istighfar yang biasanya disingkat dengan TIGA IS.
1. ISTIQAMAH
istiqamah mempunyai makna yaitu kokoh dalam aqidah dan konsisten dalam beribadah, karena begitu pentinya istiqamah ini sampai-sampai Nabi Muhammad berpesan kepada seseorang seperti dalam sebuah hadits berikut ini :yang artinya "dari abu sufyan bin abdullah berkata: aku telah berkata, wahai Rasulullah katakanlah kepadaku pesan dalam Islam sehingga aku tidak perlu bertanya kepada orang lain selain engkau. Nabi menjawab..katakanlah aku beriman kepada Allah kemudian beristiqamahlah. (HR.Muslim )

orang yang istiqamah selalu kokoh dalam aqidah dan tidak goyang keimanannya bersam dalam tantangan hidup,sekalipun dihadapkan pada persoalan hidup,ibadah tidak ikut redup, kantong kering atau tebal tetap memperhatikan halal dan haram, di caci atau dipuji sujud pantang berhenti.itulah hidup yang akan diberkahi oleh Allah dunia dan akhirat.

2.ISTIKHARAH
istikharah mempunyai makna selalu mohon petunjuk Allah dalam setiap langkah dan penuh petimbangan dalam setiap keputusan. setiap orang mempunyai kebebasan untuk berbicara dan melakukansuatu perbuatan. akan tetapi menurut Islam tidak ada kebebasan yang tanpa batas, dan batas-batas tersebut adalah aturan-aturan agama.maka seorang muslim yang benar,selalu berfikir berkali-kali sebelum melakukan tindakan atau mengucapkan sebuah ucapan serta ia selalu memohon petunjuk kepada Allah
Nabi Muhammad bersabda : barang siapa beriman pada Allah dan hari akhir, maka berkatalah yang baik atau diamlah ( HR Bukhari dan Muslim )

3.ISTIGHFAR
Istighfar mempunyai makna yaitu selalu intropeksi diri dan memohon ampunan kepada Allah Eabbul izzati. setiap orang pasti melakukan kesalahn baik sebagai individu maupun kesalahan sebagai sebuah bangsa. setiap kesalahan dan dosa sebenarnya itu merupakan sebuah penyakit yang merusak kehidupan kita oleh karena itu harus diobati. contoh dalam persoalan ekonomi, jika rizki Allah tidak sampai kepada kita disebabkan karena kemalasan kita ,maka yang diobati adalah sifat malas itu.kita tidak boleh menjadi pemalas. karena malas merupakan bagian dari musuh kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar