ISLAM AGAMA KESEHATAN

ISLAM AGAMA KESEHATAN

Selasa, 09 November 2010

Reader Society

Salah satu yang membedakan antara mahasiswa dengan siswa adalah dari sisi aktivasi mencari informasi. Mahasiswa tidak terlalu banyak tergantung sama dosen dalam mencari informasi. Mahasiswa semestinya proaktif mencari informasi itu baik melalui buku maupun internet.

Jika guru tidak hadir di sekolah, biasanya gurunya diganti. Jika tidak penggantinya, para siswa berdiam atau main-main. Sementara mahasiswa, jika tidak ada dosen, tidak mesti diganti oleh dosen lain. Dia tahu apa yang ia lakukan. Mengunjungi perpustakaan atau memanfaatkan waktu dengan teman-teman untuk mendiskusikan materi perkuliahan.

Mahasiswa layaknya menyandang sikap reader society atau masyarakat pembaca. Masyarakat pembaca bagaikan orang pergi ke sekolah tanpa mandi merasa tidak enak. Demikian juga reader society merasa ada yang tidak enak kalau ia belum membaca buku.

Untuk bisa mencapai reader society tentu tidak seperti lampu aladin yang sim sala bin. Ia membutuhkan proses latihan. Seringlah memaksakan diri membaca. Carilah bacaan yang menarik minat Anda. Jika Anda mulai membaca yang diminati, tentu ada saja yang perlu Anda ketahui selanjutnya. Jika Anda tidak menemukan masalah dalam minat bacaan Anda. Rumuskanlah masalah-masalah, sehingga Anda tertantang untuk mencarinya sampai dapat.

Penulis: Sehat Sultoni Dalimunthe, M.A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar